KPU KOTA LUBUKLINGGAU GELAR RAPAT KOORDINASI DENGAN PPK

Kpu Lubuk Linggau mengadakan rapat koordinasi dengan PPK se Kota Lubuklinggau, acara yang diadakan di hall Amazing riverside Hotel lubuklinggau, Sabtu (9/2/2019). hadir dalam rapat koordinasi ini Ketua Kpu Lubuk Linggau Topandri, divisi SDM & Parmas Andri affandi, divisi hukum Riko saputra, divisi teknis Bambang irawan, divisi perencanaan & data Vera yulita dan seluruh anggota PPK. Acara rapat koordinasi dengan PPK dibuka langsung oleh Topandri, Dalam sambutannya mengharapkan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) maksimal dan tidak ada yang ganda serta tidak ada bermasalah.
” kita disini PPS,PPK,KPU adalah satu team yang harus berkerja sama ” Ujar Topandri.
rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih dilanjutkan oleh divisi perencanaan & data Vera yulita, ” DPTb Adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata. UU Pemilu menyebut beberapa macam pemilih DPTb sebagai berikut:
Pindah memilih karena menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain,
Menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi,
Penyandang disabilitas di panti sosial,
Menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan,
Siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili, korban bencana. Ujar Vera yulita.

Pemilih yang ingin pindah memilih harus mengurus surat pindah memilih (form A5) di Panitia Pemungutan Suara (PPS/kelurahan) paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara 17 April 2019. Petugas PPS akan mencoret nama yang sudah terdata dan memberikan form pindah memilih (A5) untuk diserahkan ke KPU kelurahan tujuan lokasi mencoblos.
Pemilih pada DPTb punya kesempatan menggunakan hak pilih yang sama dengan pemilih DPT yaitu antara pukul 07.00-13.00 waktu setempat, dengan membawa form A5 dan e-KTP.

Daftar Pemilih Khusus (DPK)
DPK adalah warga yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT. Pemilih kategori ini bisa menggunakan hak pilihnya cukup dengan membawa e-KTP di TPS terdekat sesuai alamat pada e-KTP. Tidak bisa mencoblos di TPS di luar alamat e-KTP.

Namun, pemilih dalam DPK hanya bisa menggunakan hak pilihnya satu jam terakhir sebelum TPS ditutup yaitu pukul 12.00-13.00 waktu setempat, dengan catatan selama surat suara masih tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *