Profil Sekretariat KPU

 

Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau bertanggungjawab kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau.

Dalam Peraturan KPU Nomor  6 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kota, Sekretariat KPU mempunyai tugas diantaranya:

  1. membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. memberikan dukungan teknis administratif;
  3.  membantu pelaksanaan tugas KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggara kan Pemilu;
  4. membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi;
  5.  membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  6. memfasilitasi penyelesaian masalah dan sengketa Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota;
  7. membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertangg ungjawaban KPU Kabupaten/Kota; dan
  8. membantu pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang -undangan.

Sedangkan Fungsi Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau diantaranya:

  1. membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. memberikan pelayanan teknis pelaksanaan Pemilu;
  3. memberikan pelayanan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, anggaran, dan perlengkapan Pemilu;
  4. membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU;
  5. membantu perumusan, penyusunan dan memberikan bantuan hukum serta memfasilitasi penyelesaian sengketa Pemilu;
  6.  membantu pelayanan pemberian informasi Pemilu, partisipasi dan hubungan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu;
  7. membantu pengelolaan data dan informasi Pemilu;
  8. membantu pengelolaan logistik dan distribusi barang/jasa keperluan Pemilu di Kabupaten/ Kota;
  9. membantu penyusunan kerjasama antar lembaga;
  10. membantu penyusunan laporan penyelenggaraan Pemilu dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota.

Sekretariat dalam melaksanakan tugasnya mempunyai Kewenangan diantaranya :

  1. mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan  Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU;
  2. mengadakan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada huruf a sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  3. mengangkat  pejabat  fungsional  dan   tenaga  profesional  berdasarkan  kebutuhan  atas persetujuan KPU Kabupaten/Kota; dan
  4. memberikan layanan administrasi,  ketatausahaan,  dan kepegawaian sesuai   dengan peraturan perundang-undangan.

Dan Sekretariat juga mempunyai Kewajiban yaitu:

  1. menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan;
  2. memelihara arsip dan dokumen Pemilu; dan
  3. mengelola barang inventaris KPU

 

Subbagian Keuangan, Umum, dan Logistik

Subbagian Keuangan, Umum, dan Logistik mempunyai tugas mengumpulkan dan mengolah bahan pelaksanaan anggaran, perbendaharaan, verifikasi, dan pembukuan pelaksanaan anggaran, pelaksanaan urusan rumah tangga, perlengkapan, keamanan dalam, tata usaha, pengadaan logistik Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, distribusi logistik Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, kepegawaian, serta dokumentasi.

Dalam pelaksanaannya Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik dibantu oleh staf pelaksana yang mempunyai tugas:

  1. mengelola dan menyusun rencana Subbagian Umum;
  2. menyusun dan melakukan urusan kearsipan, surat-menyurat, dan ekspedisi;
  3. menyusun dan melaksanakan penomoran, pengetikan dan pengadaan naskah dinas;
  4. menyusun dan melakukan urusan perlengkapan di subbagian masing-masing;
  5. menyusun dan mengelola urusan rumah tangga;
  6. mencatat dan menyusun surat masuk/keluar;
  7. menyusun dan mengarsipkan surat masuk/keluar;
  8. menyusun dan Mengarsipkan himpunan-himpunan naskah dinas;
  9. menyusun dan mencatat himpunan-himpunan naskah dinas yang keluar;
  10. menyiapkan dan menyusun arsip dinas dan arsip statis;
  11. mengumpulkan dan penyusunan arsip inaktif;
  12. mengelola dan memelihara barang inventaris milik negara;
  13. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota
  14. menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  15. menyusun dan  melaksanakan tugas-tugas lain  yang  diberikan oleh  Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  16. mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;
  17. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

Subbagian Hukum

Subbagian Hukum mempunyai tugas melaksanakan inventarisasi, pengkajian, dan penyelesaian sengketa hukum, penyuluhan peraturan yang berkaitan dengan Pemilu, dan penyiapan verifikasi faktual peserta Pemilu, serta administrasi keuangan , dan dana kampanye .

Dalam pelaksanaannya Kasubbag Hukum dibantu oleh staf pelaksana yang mempunyai tugas:

  1. mengumpulkan dan mengelola bahan untuk materi penyuluhan peraturan perundang- undangan tentang Pemilu;
  2. mengumpulkan   dan   mengelola   bahan   untuk   advokasi   dan   konsultasi   hukum penyelenggara Pemilu;
  3. menyusun dan mengolah bahan-bahan yang sudah dikumpulkan untuk advokasi dan konsultasi hukum penyelenggara hukum;
  4. mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk pembelaan dalam sengketa hukum penyelenggar Pemilu;
  5. menyusun dan mengolah bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktual partai politik peserta Pemilu;
  6. menyusun dan mengelola evaluasi terhadap kegiatan verifikasi partai politik peserta pemilu dan pelaporannya;
  7. menyusun dan mengelola verifikasi calon anggota DPRD Kabupaten/Kota;
  8. menyusun laporan kegiatan verifikasi partai politik peserta Pemilu;
  9. mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktual perseorangan peserta Pemilu;
  10. menyusun  dan  mengolah  bahan-bahan  yang  sudah  dikumpulkan  untuk  verifikasi administrasi dan faktual calon perseorangan peserta Pemilu;
  11. mengumpulkan dan  mengolah bahan-bahan informasi administrasi pelaporan dana kampanye peserta Pemilu;
  12. mengumpulkan dan mengolah identifikasi kinerja staf di Subbagian Hukum;
  13. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang materinya berhubungan dengan bidang tugas Subbagian Hukum;
  14. menyusun  dan  mencari  bahan  permasalahan yang  terjadi  dan  menyiapkan bahan- bahan yang di perlukan dalam rangka pemecahan masalah;
  15. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  16. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  17. menyusun  dan  melaporkan  hasil  pelaksanaan  tugas  kepada  Sub  bagian  Hukum Kabupaten/Kota;
  18. melaksanakan inventarisasi peraturan perundang-undangan;
  19. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

Subbagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partispasi Masyarakat

Subbagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat mempunyai tugas mengumpulkan dan mengolah bahan teknis penyelenggaraan Pemilu dan proses administrasi dan verifikasi penggantian antar waktu anggota DPRD Kabupaten/Kota, pengisian anggota DPRD Kabupaten/Kota pasca Pemilu, penetapan daerah pemilihan dan pencalonan, dan penetapan calon terpilih Pemilu anggota DPRD Provinsi, dan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, penyuluhan, bantuan, kerjasama antar lembaga, melaksanakan pelayanan informasi, serta pendidikan pemilih.

Dalam pelaksanaannya Kasubbag Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat dibantu oleh staf pelaksana yang mempunyai tugas:

  1. mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi pembagian daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Kabupaten/ Kota;
  2. menyusun draft pembagian daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota;
  3. mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi tentang pemunggutan suara, perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;
  4. menyusun  dan  mencari  bahan  draft  pedoman  dan  petunjuk  teknis  pemungutan, perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;
  5. mengumpulkan  dan   menyusun  identifikasi  bahan   informasi  untuk   penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penggantian antar waktu dan pengisian Anggota DPRD Kabupaten/Kota;
  6. menyiapkan semua  berkas  kelengkapan Penggantian Antar  Waktu  Anggota  DPRD Kab/Kota dan hubungan calon pengganti untuk melengkapi kekurangan persyaratan;
  7. mengumpulkan dan  mengidentifikasi bahan  pemberitaan dan  penerbitan  informasi Pemilu
  8. menyusun draft pemberitaan dan penerbitan informasi Pemilu;
  9. mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan dan informasi pelaksanaan kampanye;
  10. menyusun draft tata cara pelaksanaan sosialisasi dan kampanye;
  11. mengumpulkan  dan  mengidentifikasi  bahan  dan  informasi  pedoman  teknis  bina partisipasi masyarakat, dan pelaksanaan pendidikan pemilih;
  12. melakukan  identifikasi  kinerja  staf  di  Subbagian  Teknis  Pemilu  dan  Hubungan Partisipasi Masyarakat;
  13. mengiventarisasi permasalahan yang terjadi dan menyiapakan bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka pemecahan masalah;
  14. memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  15. melaksanakan dan menjalankan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  16. membantu  dan  mengelola  memfasilitasi  pemeliharaan  data  dan  dokumentasi  hasil Pemilu;
  17. menyiapkan pelaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Subbag Teknis dan Hubmas;
  18. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

Subbagian Program dan Data

Secara garis besar Subbagian Program dan Data mempunyai tugas mengumpulkan dan mengolah bahan rencana, program, anggaran pembiayaan kegiatan tahapan Pemilu.

Dalam pelaksanaannya Kasubbag Program dan Data dibantu oleh staf pelaksana yang mempunyai tugas :

  1. mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan rencana anggaran Pemilu;
  2. menyusun dan mengelola perencanaan anggaran Pemilu;
  3. mengelola, menyusun data pemilih;
  4. mengumpulkan  dan  menyiapkan  bahan  penyusunan  kerjasama  dengan  lembaga pemerintahan lain yang terkait;
  5. mengumpulkan dan  mengolah  bahan  penyusunan  kerjasama  dengan  lembaga  non pemerintahan;
  6. melakukan survey untuk mendapatkan bahan kebutuhan Pemilu;
  7. mengumpulkan dan mengolah bahan kebutuhan pemilu;
  8. mengumpulkan dan mengolah bahan hasil monitoring penyelenggara Pemilu;
  9. mengumpulkan dan mengolah bahan hasil supervisi penyelenggara Pemilu;
  10. menyusun dan mengelola laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program dan Data;
  11. memberikan dan mengelola  bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/ Kota;
  12. melaporkan hasil penyusunan dan pengelolaan pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  13. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  14. menyusun dan merencanakan kebutuhan anggaran proses rekrutmen Anggota KPU Kabupaten/ Kota;
  15. menyusun dan  merencanakan anggaran proses  Penggantian Antar  Waktu  Anggota KPU;
  16. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan